AVA Studio ID

lisensi

Iklan

AVAStudio_ID
30 December 2021, 13:35 WITA (GMT+8)
Last Updated 2021-12-30T05:35:37Z

Struktur Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP)Tahun Pelajaran 2021/2022

Advertisement
Struktur Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP)Tahun Pelajaran 2021/2022

Kebijakan Program Sekolah Penggerak berupa Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1177/M/2020 tentang Program Sekolah Penggerak dan kemudian dilanjutkan dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 162/M/2021 tentang Program Sekolah Penggerak memberikan kekuatan yuridis pada pelaksanaan Program Sekolah Penggerak di wilayah Negara Indonesia.

Maka, Program Sekolah Penggerak dilaksanakan dengan Kurikulum Sekolah Penggerak sebagai memperkuat dan peningkatan mutu kurikulum sebelumnya. Oleh karena itu, terdapat beberapa penyempurnaan dalam kurikulum sekolah penggerak ini.

Dalam surat keputusan MendikbudRistek RI dijelaskan bahwa fokus program sekolah penggerak adalah peningkatan kompetensi peserta didik secara holistik untuk mendorong peserta didik memiliki Profil Pelajar Pancasila.


Program Sekolah Penggerak dilaksanakan pada satuan pendidikan jenjang:
1. PAUD usia 5-6 tahun.
2. Sekolah Dasar
3. SMP
4. SMA
5. SLB

Karakteristik Kurikulum Program Sekolah Penggerak (PSP)
Karakteristik KPSP adalah bahwa kurikulum ini:
1. Berbasis Kompetensi
Oleh karena itu maka ranah hasil belajar yang meliputi aspek pengetahuan dan keterampilan serta sikap merupakan satu kesatuan rangkaian dalam proses yang berkelanjutan. Pada akhirnya akan membangun kompetensi yang holistik. Kompetensi holistik ini sebagai hasil belajar disebut dengan Capaian Pembelajaran (CP).

2. Fleksibilitas Pembelajaran
Terdapat pengurangan isi dalam muatan pelajaran ditujukan agar siswa memiliki waktu yang cukup dan memadai untuk menguasai kompetensi yang hendak dicapai. Kemudian, siswa juga memiliki kesempatan yang cukup untuk belajar sesuai dengan grade ketercapaiannya.

3. Karakter Pancasila
Dalam pelaksanaannya, kegiatan pembelajaran diupayakan dapat disinergikan dengan kegiatan sehari-hari dan berorientasi pada pencapaian penumbuhan dan penguatan profil pelajar Pancasila.

Beberapa aspek yang disempurnakan dari kurikulum sebelumnya antara lain: 1) Struktur Minimum, berkaitan dengan pengembangan program dan kegiatan sesuai dengan sumber daya yang tersedia dan visi serta misi satuan pendidikan; 2) Otonom, yang berarti setiap satuan pendidikan memiliki kebebasan menentukan rancangan materi pembelajaran yang kontekstual serta sesuai dengan arah kebijakan pemerintah; Sederhana, artinya sekolah dapat menentukan arah perubahan dengan rancangan yang jelas, dan dapat dipraktikkan dengan optimal; 4) Gotong Royong; pelibatan beberapa institusi dalam merancang kurikulum dan bahan ajar.

Struktur Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP)
Demikian artikel yang admin AVA studio ID bagikan yang berjudul tentang Struktur Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP)Tahun Pelajaran 2021/2022 semoga bermanfaat bagi kitas semua dan silahkan bagikan ke teman dan guru lainnya dan tetap support kami

No comments:

Post a Comment

Selamat Datang

X
X