Verval Nomor Ponsel Siswa Madrasah pada Emis 4.0 oleh Operator dan Kepala Madrasah -->

Verval Nomor Ponsel Siswa Madrasah pada Emis 4.0 oleh Operator dan Kepala Madrasah

AVAStudio_ID
22 May 2021 || 000.000.000.000 Hits

Verval Nomor Ponsel Siswa Madrasah oleh Operator dan Kepala Madrasah pada Emis 4.0

Selamat Sore Pengunjung AVA Studio ID, semoga dalam keadaan sehat dan bahagia kali ini admin akan membahas tentang EMIS 4.0 yang berkaitan dengan Verval Nomor Handphone (HP) Siswa Madrasah di EMIS 4.0 yang sebelumnya dilakukan melalui laman web e-ponsel, namun mulai tahun 2021, verifikasi dan validasi (Verval) Nomor Handphone (HP) Siswa Madrasah melaui laman emis.kemenag.go.id yang sudah biasa dilakukan oleh opertaor maupun Kepala Madrasah.

Dalam Hal ini Pelaksanaan Verval Nomor Handphone (HP) Siswa Madrasah di EMIS 4.0 merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi covid-19 ini. Sehingga Operator Lembaga EMIS 4.0 wajib mengisikan Nomor Handphone siswa madrasah.

Pada EMIS 4.0 itu sendiri, merupakan aplikasi pendataan madrasah yang menggantikan Emis Online dan Emis Feeder (AFE) yang mulai dipergunakan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 ini. Meskipun dalam peluncuran EMIS 4.0 ini masih banyak ditemui kendala ditingkat madrasah dengan permasalahan yang relatif dengan tahun-tahun sebelumnya yang sudah dilakukan oleh operator itu sendiri.

Walapun demikian Operator perlu mempelajari tahapannya untuk melakukan Verval Nomor Handphone mengisikan Nomor Handphone (HP) siswa madrasah melalui data detail siswa di EMIS 4.0 yang sudah tersedia dan sangat menarik dalam aplikasi EMIS 4.0 terbaru tersebut.

Dan adapun Permasalahan yang dihadapi oleh operator dan walaupun itu bukan permasalahan yang memungkinkan  seperti Jika siswa tidak memiliki Nomor Handphone (HP) maka pada data detai siswa dicentang tidak memiliki Nomor Handphone .

Tahapan Verval Nomor Ponsel Siswa Madrasah di EMIS 4.0 Oleh Operator Lembaga

Berikut adalah alur Verval Nomor Handphone (HP) Siswa Madrasah di EMIS 4.0 , simak ulasannya berikut ini:
  1. Langkah pertama login ke EMIS 4.0 sebagai operator lembaga di emis.kemenag.go.id
  2. Pada bagian Home, masuk ke menu Monitoring > Data Bantuan PJJ
  3. Kemudian lakukan pengecekan dan monitoring data Handphone siswa dengan memastikan hal-hal berikut: a) Nomor Handphone (HP) telah tercentang yang berarti nomor ponsel telah terisi, jika tidak tercentang maka operator EMIS 4.0 harus mengisi di data detail siswa. Atau jika siswa madrasah tidak memiliki Nomor Handphone (Handphone/HP) maka operator lembaga harus mencentang tidak memiliki Nomor Handphone  (HP); b) Bersedia mengikuti program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sudah tercentang, jika tidak memiliki nomor HP, maka tidak perlu dicentang.
  4. Langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah data siswa sudah lengkap, jika sudah lengkap maka tugas operator telah selesai untuk proses Verval Nomor Handphone (HP) Siswa Madrasah di EMIS 4.0, tinggal menunggu proses verifikasi oleh operator seluler. Jika data siswa belum lengkap, maka lengkapi data siswa terlebih dahulu.

Tahapan Verval Nomor Ponsel Siswa Madrasah di Emis 4.0 Oleh Kepala Madrasah

Proses Verifikasi dan Validasi Nomor Handphone (HP) Siswa Madrasah Oleh Kepala Lembaga di akun kepala madrasah EMIS 4.0 merupakan tahapan selanjutnya setelah proses verifikasi Nomor Handphone (HP) oleh operator seluler telah selesai.

Yang perlu dilakukan Kepala Madrasah di akun EMIS 4.0 adalah sebagai berikut:
  1. Unduh daftar nomor ponsel siswa dan SPTJM. Adapun Nomor Handphonesiswa yang terunduh adalah Nomor Handphone yang sudah di verifikasi oleh operator seluler.
  2. Kemudian isi dan tandatangani SPTJM
  3. Terakhir, Upload SPTJM yang sudah diisi dan ditangani oleh Kepala Madrasah. Sebagai catatan, File scan SPTJM dan Nomor Handphone harus jadi satu file PDF (digabung).
Demikian informasi tentang Verval Nomor Handphone Siswa Madrasah pada EMIS 4.0 oleh Operator dan Kepala Madrasah, semoga dapat membantu teman-teman operator lembaga dalam melakukan input data guna mendukung program pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk mencegah dan mengurangi penularan covid-19.