AVA Studio ID

lisensi

Iklan

AVAStudio_ID
02 March 2021, 20:31 WITA (GMT+8)
Last Updated 2021-03-02T12:31:03Z

Daftar Frequensi TV Digital Teresterial - JABODETABEK (Update Maret 2021)

Advertisement

   

Daftar Frequensi TV Digital Teresterial - JABODETABEK (Update Maret 2021)

Seperti kita ketahui sistem penyiaran digital sangat dibutuhkan untuk kemajuan dunia penyiaran. Banyak negara di dunia yang sudah migrasi dari siaran analog ke digital DVB-T2. Bahkan negara tetangga, Malaysia sudah switch off analog sejak 31 Oktober 2019. Bagaimana dengan Indonesia? Apa saja Stasiun TV yang sudah siaran digital?

Pastinya sudah banyak masyarakat yang tahu tentang artikel Roadmap TV Digital Indonesia yang diposting Kominfo pada tahun 2013. Di sana tertulis bahwa rencana analog switch-off secara Nasional dilakukan pada awal 2018. Untuk mencapai target dalam Roadmap, Kominfo gencar melakukan sosialisasi TV digital sejak akhir 2012. Tidak hanya langsung ke masyarakat, Kominfo juga mengenalkan siaran digital melalui sosial media dan website.

Sayangnya hingga tahun 2020 sinyal digital terestrial hanya mengcover sebagian wilayah Indonesia. Masyarakat pelosok hanya dapat sedikit daftar channel tv digital, berbeda dengan masyarakat kota yang dapat 20-40 saluran TV digital. Oh iya pada bulan November 2019, digitalisasi kembali dibahas terkait dengan pengesahan RUU penyiaran. Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan “Persiapan digitalisasi akan selesai selambatnya tahun 2024. Di (tahun) itulah analog mati dan muncul keseluruhan televisi digital” (dikutip dari bisnis.com).

Daftar Frequensi TV Digital Teresterial - JABODETABEK (Update Maret 2021)

  • 24 UHF - Surya Citra Media (SCTV, Indosiar, O Channel, Mentari TV)
  • 32 UHF - Media Group News (Metro TV, Magna Channel, BNTV, BBS TV, MyTV, UGTV, Jawapos TV)
  • 34 UHF - Visi Media Asia (tvOne, antv, Sport One, JAKTV)
  • 36 UHF - Berita Satu Group (Berita Satu, Berita Satu World, Berita Satu English)
  • 38 UHF - LPP TVRI Jawa Barat (TVRI Nasional, TVRI Jawa Barat, TVRI Kanal 3, TVRI Sport HD)
  • 40 UHF - Trans Media (Trans TV, Trans7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Kompas TV)
  • 42 UHF - LPP TVRI (TVRI Nasional, TVRI DKI, TVRI Kanal 3, TVRI Sport HD, Nusantara TV, Inspira TV, tvMU, Badar TV, DaAi TV)
  • 44 UHF - MNC Media (RCTI, GTV, MNCTV, iNews)
  • 48 UHF - Rajawali Televisi
Demikian Artikel tentang Daftar Frequensi TV Digital Teresterial (DVBT2) - Provinsi Jabodetabek (Update Maret 2021) Semoga Bermanfaat bagi Kita semua

No comments:

Post a Comment

Selamat Datang

X
X