AVA Studio ID

lisensi

Iklan

AVA Studio
04 July 2019, 18:45 WITA (GMT+8)
Last Updated 2022-12-27T09:54:25Z

Pahala Menyimak dan Menjawab Adzan.

Advertisement

Pada kesempatan ini, kami berbagi artikel tentang Pahala Menyimak dan Menjawab Adzan.

Tujuannya supaya kita tahu hukum dalam menjalani syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Berikut penjelasannya.

Pernah mendengar azan? Tentunya kita sering mendengar setiap sebelum sholat lima waktu dikerjakan.

Adzan memang secara umum diartikan sebagai masuknya waktu shalat wajib yang dijadikan acuan dalam kehidupan sehari hari untuk menjalankan ibadah, tetapi tentu segala sesuatu yang diciptakan Allah tidak hanya berhenti hingga disitu saja melainkan ada berbagai kebaikan di dalamnya. 

Ada banyak sekali keutamaan amalan sederhana ini yaitu menjadi saksi kebaikan


Dari Abu Said al-Khudri Radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَسْمَعُ مَدَى صَوْتِ الْمُؤَذِّنِ جِنٌّ وَلاَ إِنْسٌ وَلاَ شَىْءٌ إِلاَّ شَهِدَ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Tidaklah suara azan yang keras dari yang mengumandangkan azan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendegarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat.” (HR. Bukhari 609).

Hadis ini menunjukkan keutamaan orang yang mengumandangkan adzan. Dan sekaligus mereka yang mendengar adzan dijadikan Allah sebagai saksi kebaikannya.

Berikut Penjelasan Pahala Menyimak dan Menjawab Adzan :

1. Mendapat Syafaat dari Nabi Muhammad

“Apabila kalian mendengar adzan maka ucapkanlah sebagaimana yang diucapkan muadzin kemudian bershalawatlah kepadaku niscaya aku akan bershalawat untuknya sepuluh kali”. (HR Muslim). 


Baca juga...Kajian Islam: 10 Jenis Solat Yang Tidak Diterima Allah SWT.

Penjelasan dari hadist tersebut ialah seseorang yang mendengar adzan dengan sungguh sungguh dan memahami makna indahya serta bershalawat setelahnya maka baginya akan mendapat syafaat Nabi Muhammad dan disebut namanya diantara para malaikat di surga sebagaiamana keutamaan Bilal bin Rabah yang merupakan pelantun adzan pertama kali di dunia islam.


2. Mendapat Kedudukan di Surga

“Merupakan sebuah kedudukan di surga dimana tidak pantas tempat tersebut dimiliki kecuali oleh seorang hamba Allah yang aku berharap untuknya maka ia pasti memperoleh banyak syafaat”. (HR Muslim : 847). 

Mendengar adzan tentu seseorang yang melakukannya karena ingin mengharap ketenangan hati dan petunjuk dari Allah, ia pun akan menerima balasan berupa kedudukan di seuga karena telah menjadikan waktu shalat sebagai prioritasnya dan melakukan berbagai amalan ketika mendengar adzan.


3. Terhindar dari Kesusahan di Hari Akhir

Dalam ayat tentang kematian dalam islam, di hari akhir nanti, orang orang yang terbiasa mendengarkan adzan akan terhindar dari kesusahan sebab ia mendapat kenikmatan berupa perlindungan dan syafaat dari Nabi Muhammad sebagai umatnya yang selalu setia mendengar panggilan Allah. 

“Barang siapa yang ketika mendengar adzan mengucapkan, Ya Allah wahai Rabbnya seruan yang sempurna ini dan shalat yang akan ditegakkan ini, berikanlah kepada Muhammad al-wasilah dan keutamaan dan bangkitkanlah beliau pada tempat yang dipuji yang telah Engkau janjikan kepadanya. Niscaya ia akan mendapat syafaatku di hari kiamat”. (HR Bukhari : 614).


4. Amalan yang Mulia

“Seandainya orang orang mengetahui pahala yang terkandung pada adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mungkin mendapatkannya kecuali dengan cara mengadakan undian atasnya, niscaya mereka akan melakukan undian”. (HR Muslim). 

Diantara kita yang barangkali belum mengetahui bahwa mendengarkan adzan akan mendapat pahala tinggi tentu ketika mengetahui pahala yang terkandung di dalamnya akan segera berebut untuk mendapatkannya. keutamaan istiqomah dalam islam juga berlaku dalam kebiasaan mendengar adzan.


Baca juga...Hikmah Diharamkannya Menikahi Saudara Sesusuan.

Sebab itu sebagai umat muslim yang masih diberi kesempatan untuk beribadah wajib meluangkan waktu dan memperioritaskan waktu untuk menikmati indahnya suara adzan sebab banyak orang orang meninggal yang berada di alam kubur merasa menyesal selama hidupnya mereka tidak melakukan hal yang disukai oleh Allah dan RasulNya tersebut.


5. Menjadi Saksi Bagi Muadzin

“Tidaklah adzan didengar oleh jin, manusia, batu, dan pohon kecuali mereka akan bersaksi untuknya”. (HR Abu Ya’la). 

Muadzin memang orang yang mendapat banyak pahala karena telah memberitahukan waktu untuk beribadah kepada semua umat islam, bagi semua yang mendegarkan nantinya akan menjadi saksi bagi muadzin tersebut di hari akhir sehingga yang mendengarkan pun turut mendapat jalan kebaikan serta perlindungan.


6. Mendapat Ampunan Dosa

“Seluruh benda yang basah maupun yang kering yang mendengar adzannya memohonkan ampunan untuknya”. (HR Ahmad). 

Mendengarkan adzan sama seperti memohonkan ampunan untuk dosa muadzin yang mengumandangkan, hal itu nantinya yang akan kembali pada kita yang mendengarkan yakni mendapat doa dari malaikat agar dosa dosa kita diampuni sebagaimana telah diketahui bahwa berdoa yang baik maka doa baik tersebut akan kembali kepada yang berdoa.

7. Jauh dari Syetan

“Apabila adzan untuk shalat dikumandangkan, syetan melarikan diri terkentut kentut sampai tidak mendengar adzan”. (HR Bukhari). 

Dengan mendengarkan adzan akan jauh dari syetan karena orang tersebut fokus mendengarkan nama Allah dan Nabi Muhammad, syetan pun tak berani mengganggunya dan lari terbirit birit sehingga dalam setiap kehidupannya jauh dari godaan syetan yang terkutuk.


8. Mendapat Kesempatan Waktu Doa Mustajab

Setelah adzan ada waktu yang mustajab untuk berdoa dimana dalam waktu tersebut orang yang berdoa akan didengar dan dikabulkan Allah. 

Jika seseorang rutin mendengarkan adzan, tentu ia akan mengalami dan berada pada waktu mustajab tersebut sehingga ia pun selalu mendapat kesempatan untuk berdoa dan dikabulkan oleh Allah. Sungguh amalan yang sangat sayang untuk dilewatkan.


9. Disiplin dalam Beribadah

Mendengarkan adzan terkadang mejadi sesuatu yang remeh dan dianggap tidak terlalu penting oleh sebagian orang, padahal terdapat pahala besar bagi seseorang yang rutin melakukan suatu amalan walaupun amalan tersebut kecil, jika dilakukan terus menerus maka lama kelamaan akan menjadi amalan dengan pahala yang sangat mulia. 

Mendengar adzan akan selalu mengingatkan bahwa waktu shalat telah tiba sehingga secara langsung akan membuat orang tersebut rutin dan disiplin dalam beribadah.


10. Teladan yang mulia

Dengan mendengar adzan dan diketahui orang orang di sekitar, hal itu akan menjadi teladan yang baik dan menjadi teladan yang mulia.

Orang lain di sekitanya akan menyadari pula pentingnya mendengarkan adzan, sehingga ketika orang lain ikut melakukannya maka pahala juga mengalir kepada orang yang mencontohkan dan menjadi amalan yang tak pernah terhenti karena telah mengajarkan teladan kebaikan.


11. Diingat Oleh Allah

Orang yang rutin mendengar adzan artinya selalu mengingat Allah dalam keadaan dan waktu apapun, hal yang sama akan ia dapatkan, yakni akan selalu diingat Allah dalam suka dan duka, sehingga dalam kondisi apapun ia akan jauh dari marabahaya dan selalu diingat oleh Allah, baginya pertolongan sangat luas serta jauh dari kesempitan hidup maupun kesempitan di akherat.


12. Memperdalam Ilmu Agama

Mendengar adzan sama saja seperti memperdalam ilmu agama sebab akan belajar apa maknanya, apa saja sunnah yang terkandung di dalamnya, serta apa saja keutamaan dan pahala yang didapatnya. 

Ia akan  mendapat ilmu mengenai hal tersebut yang tentunya sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari hari baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang orang di sekitarnya.


13. Mendapat Jalan yang Lurus

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa orang yang mendegar adzan secara langsung akam memiliki kebiasaan yang disiplin dalam menjalankan ibadah shalat sehingga dengan kondisi tersebut ia akan mendapat jalan yang lurus dari Allah karena ketaatannya dan istiqomahnya dalam beribadah.

14. Jauh dari Kedustaan Duniawi

Adzan yang berisi pujian kepada Allah dan Nabi Muhammad akan selalu mengingatkan manusia kepada kehidupan di akherat sehingga ia akan mengingat kehidupan yang kekal tersebut, tidak hanya mengingat duniawi serta segala isinya yang penuh dengan godaan. 




Ketika dalam kondisi yang menjadi potensi untuknya melakukan khiaf atau dosa dan segera mendengarkan adzan yang berkumandang, syetan syetan yang menggodanya bergegas lari darinya sehigga hatinya kembali bersih dan ia jauh dari kedustaan duniawi.


15. Memberikan Rasa Tenang


Jelas dari hal ini bahwa mendengar adzan memang sudah dipahami oleh semua orang akan mendatangkan ketenangan hati sebab dengan mmendengar adzan disitu akan segera tersadar bahwa Allah itu ada dan kehidupan dunia yang sedang ditempati ini hanyalah sementara.

Dalam kondisi apapun baik kondisi susah atau sedih akan segera mengingat bahwa kesedihan di dunia hanyalah sementara dan nantinya ada kebahagiaan abadi di akherat yang kekal.

Demikian, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Selamat Datang

X
X